Apa itu Mata Uang Digital?

Hingga kini, wawasan mengenai mata uang digital di masyarakat Indonesia belum begitu luas. Masih banyak orang yang belum mengetahui apa sebenarnya mata uang digital.

Mata uang digital adalah mata uang dalam bentuk digital (berbasis internet) yang diterima oleh penggunanya untuk digunakan sebagai alat pembayaran namun bukan diterbitkan oleh bank sentral ataupun lembaga institusi keuangan manapun.

Ciri-Ciri

Tidak Dapat Dipalsukan.

Mata uang digital berbentuk kriptografi, oleh karena itu juga disebut cryptocurrency. Bahasa modern kriptografi adalah terenkripsi.

cryotocurrencyEnkripsi  adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. Dengan demikian, salah satu ciri khas pertama dari mata uang digital ini adalah tidak dapat dipalsukan.

Tidak Dapat Diretas

Selain menggunakan enkripsi, mata uang digital juga menggunakan teknologi blockchain, yaitu penyimpanan data yang terdistribusi sehingga tidak bisa diretas (crack/hack). Ini adalah ciri khas kedua.

Teknologi SSL yang biasanya digunakan untuk transaksi keuangan melalui internet adalah salah satu bentuk penyimpanan data tersentralistik. Keamanan data cukup kuat sehingga sulit ditembus oleh peretas.

Dengan penyimpanan data terdistribusi, keamanan lebih kuat lagi sehingga secara gamblang dikatakan bahwa dengan teknologi blockchain, maka data tidak dapat diretas.

Mengenai teknologi blockchain, akan dibahas terpisah. Jika anda ingin tahu lebih cepat, silakan googling.

Jumlahnya Tetap

Ciri khas ketiga adalah mata uang digital dengan bentuk kriptografi, memiliki jumlah yang tetap.

Contohnya OneCoin memiliki 120 miliar coin. Artinya mata uang digital ini tidak akan memiliki lebih dari 120 miliar coin sepanjang masa. Jumlahnya tidak bisa bertambah.

Hal ini tentu menjadi salah satu faktor bahwa cryptocurrency bebas dari ancaman inflasi.

Contoh kondisi inflasi adalah uang yang beredar terlalu banyak maka akan menyebabkan penurunan nilai mata uang. Hal ini akan berdampak pada kenaikan harga barang.

Karena mata uang digital jumlahnya tidak dapat bertambah lagi, maka ancaman inflasi dari segi beredarnya uang yang terlalu banyak menjadi tidak berlaku.

Hingga saat ini menurut wikipedia, terdapat lebih dari 700 cryptocurrency yang beredar di seluruh dunia. Walaupun demikian, hanya beberapa lusin yang mencapai kapitalisasi pasar di atas USD sepuluh juta di tahun 2017.

Mata Uang Digital Pertama

Bitcoin adalah mata uang digital pertama di dunia. Terpicu oleh krisis moneter internasional, Satoshi Nakamoto memperkenalkan mata uang digital dengan ciri khas di atas kepada publik.

Hingga saat ini, tidak dapat dipastikan apakah Satoshi Nakamoto adalah nama samaran atau nama sesungguhnya.

Awalnya, bitcoin diperkenalkan tahun 2009. Namun seperti biasa, tidak banyak orang yang menginginkannya karena tidak mengetahui sisi kekuatan dari mata uang digital.

Selain itu, di masa itu masih sangat sedikit orang yang tahu apalagi bersungguh-sungguh ingin menggunakan mata uang digital sebagai alat transaksi finansial.

Setelah malang melintang di dunia maya dan keluar-masuk komunitas, akhirnya mulai banyak yang mengerti dan menggunakannya. Bahkan harganya semakin melambung tinggi.

Dari harga awal yang priceless (hampir tidak berharga), karena tidak ada yang mau memakai, kini harga bitcoin mencapai $1126.74 per coin atau sekitar 14 juta rupiah per koin..

Ditambang / Mining

Untuk menghasilkan mata uang digital, diperlukan penambangan atau mining. Istilah penambangan digunakan dengan analogi mata uang digital seperti logam mulia.

Proses penambangan cukup kompleks untuk dijelaskan. Kita akan membahasnya di lain kesempatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s